- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Navigasi GPS NDrive untuk Android 2.1 Galaxy Spica

Oleh | Nov. 03, 2010 | Android, Software, Software Ponsel, Tips dan Trik Lainnya

Google Maps adalah menu wajib yang ada dalam ponsel Android. Dengan dukungan peta yang cukup lengkap dan detil dari Google Maps kita bisa memanfaatkan ponsel Android sebagai alat navigasi. Tetapi walaupun dukungan peta dan navigasi yang lengkap, Google Maps memiliki kelemahan (menurut saya), yaitu kita harus online untuk bisa menggunakan Google Maps.

Keharusan untuk online ini tentunya akan cukup menguras baterei, padahal untuk penggunaan fitur GPS-nya sendiri sudah menguras tenaga, ditambah kebutuhan koneksi secara online (akan bertambah parah jika sinyal yang kita peroleh dari operator tidak stabil).

Sebagai altenatif, saat ini ada beberapa program navigasi offline yang bisa digunakan di ponsel Android, salah satunya adalah NDrive. NDrive sendiri adalah program navigasi yang bisa digunakan untuk perangkat mobile, seperti Android, Symbian, dan Windows Mobile. Penggunaannya sendiri tidak perlu online, karena peta dan databasenya tersimpan dalam ponsel (memory card).

Berikut ini adalah informasi singkat tentang NDrive yang saya gunakan dalam ponsel Android Samsung Galaxy Spica.

Untuk menginstall NDrive dibutuhkan dua file, yaitu file program NDrive (berekstensi .apk) dan file peta yang disimpan di memory card. Untuk file program (NDrive-10.1.15-androboost.zip) bisa didownload di sini dan file peta Indonesia (NDrive_IDN_MultiPlatform.exe) bisa didownload di sini.

Pertama yang kita lakukan adalah menginstall program NDrive-nya terlebih dahulu, yaitu dengan mengcopy file apk ke memory card dan install dengan program Apk Installer atau aplikasi sejenis (saya sendiri menggunakan ES Explorer pada ponsel Galaxy Spica yang sudah di-root).

Setelah terinstall, jalankan program NDrive, pada saat NDrive melakukan proses download update, klik Cancel dan keluar dari program NDrive ini.

Tujuan dari membuka program NDrive untuk pertama kalinya ini adalah untuk memunculkan folder NDrive pada memory card. Selanjutnya cek dengan File Explorer, apakah folder NDrive sudah muncul di memory card, jika belum, coba jalankan kembali program NDrive dan klik Cancel saat melakukan update.

Jika folder NDrive sudah ada, langkah berikutnya adalah menjalankan program NDrive_IDN_MultiPlatform.exe dari komputer, tunggu sampai proses extract program selesai.

Setelah proses extract selesai, sekarang kita mulai proses copy peta NDrive ke memory card. Ada 8 langkah yang tertulis dalam program, tapi sebenarnya tidak semua langkah diikuti. Langkah pertama adalah menentukan platform yang digunakan, karena disini saya gunakan Android, maka saya pilih Android.

Masuk ke langkah berikutnya adalah perintah menghubungkan ponsel dengan komputer melalui kabel data, dan lakukan mount (untuk memfungsikan memory card sebagai tempat penyimpanan eksternal/removable disk). Setelah ponsel Android terhubung ke komputer, kita masuk ke langkah ketiga, yaitu memilih drive dari memory card (di sini memory card ponsel terbaca sebagai drive F:\), selanjutnya kita mulai proses copy dengan mengklik tanda panah sebelah kanan dan tunggu sampai proses copy selesai. Setelah selesai kita akan diminta untuk melepaskan ponsel dari komputer (jangan langsung dicabut, tapi lakukan prosedur standar, yaitu klik ikon remove removable disk pada system tray komputer, kemudian lakukan unmount dari ponsel android).

Sampai di sini proses instalasi dan copy peta NDrive sudah selesai dan kita bisa menggunakannya.

Jika pada saat membuka NDrive kita ditanyakan tentang registrasi, abaikan (Cancel) dan tutup kembali program NDrive, selanjutnya dengan menggunakan File Explorer buka folder NDrive yang ada dalam memory card, cari file serial.trg dan hapus.

Nah, sekarang kita bisa menggunakan NDrive sebagai program navigasi alternatif tanpa harus online internet. Selamat mencoba.

Bookmark and Share

:, , , , , ,

29 komentar:

29 Responses to “Navigasi GPS NDrive untuk Android 2.1 Galaxy Spica”

Pages: « 1 2 [3] Show All

  1. 20
    3ndur0 Says:

    salam kenal mas…..request dong mas, karena saya menggunakan SAMSUNG WAVE 525

    kupas tuntas tentang OS BADA mas —> cara ngakali OS tersebut ato memaksimalkan OS tersebut (apa bisa diupgrade ke OS bada yg lebih tinggi versinya untuk WAVE 525??)serta aplikasi apa saja yang bisa di masukkan ke HP tersebut di atas ( tentu saja yang gratisan wkwkwkwkkk)

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  2. 21
    gonde5 Says:

    thanks bro infonya… barusan nyoba instal di galaxy mini sukses.. ga perlu di root…

  3. 22
    ira Says:

    aku pake Optimus One LG, gak perlu instal, e,amg dah bawaan Optimusnya, tapi kadang2 suka bingung makenya,… heuahueha dasar gak canggih

  4. 23
    thomas Says:

    mas,download link untuk androboost.zip sudah tidak ada lagi y??Tadi saya coba dikatakan page not found

  5. 24
    Sintesa FM Says:

    Nih.. link buat yg butuh aplikasi androboost.apk : http://www.mediafire.com/?jqp7898qgdq3n29

  6. 25
    Tutorial Android versi indonesia Says:

    mas,
    kalau Navigasi GPS NDrive ofline di install di samsung galaxy mini bisa gak?
    kalau bisa apakah caranya sama??

  7. 26
    junsaehoo Says:

    sukses gan……terlihat jelas kota ana…denpasar bali…

    cuma belum ngerti aja nih cara pemakaian..

    rencana ntar idul fitri mau mudik ke blitar…sangat butuh yg namanya Gps…kalo tidak bisa nyesat dech…

    untuk yg mau instal..lakukan aja semua langkah diatas…work 100%..

  8. 27
    cokybali Says:

    link download nya udah gak valid ya om victor update lagi dong

  9. 28
    Shuga Says:

    mas gamabr petanya kok g bisa keluar ya???
    gmn carax???

  10. 29
    tembok Says:

    ada yang bisa kasih saran ? hp apakah yg memang sudah ditanami program gps seperti n-drive yg dimana penggunaan gpsnya bisa dengan off jaringan ?

Pages: « 1 2 [3] Show All

Leave a Reply