- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Meningkatkan Kinerja Android 2.1 Eclair pada Samsung Galaxy Spica dengan Frozen Eclair

Oleh | Sep. 06, 2010 | Android, Tips dan Trik Lainnya

Bagaimana cara mengetahui kecepatan Android 2.1 pada Samsung Galaxy Spica? Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan benchmark menggunakan aplikasi Linpack for Android yang bisa didownload melalui market. Coba lakukan tes dengan mengklik Run Benchmark.

Tulis hasilnya, untuk mengetahui perbedaan setelah nanti kita lakukan modifikasi pada Android 2.1.

Untuk meningkatkan kinerja dari Android 2.1 kali ini kita memanfaatkan Samdroid Turbo yang dikembangkan oleh Antibyte yang diberi nama Frozen Eclair. Informasi detil dari Frozen Eclair ini dapat dibaca di SamdroidForum. Untuk bisa menggunakan Frozen Eclair ini, pastikan Samsung Galaxy Spica kita sudah di root, dan kita sudah mengupdate melalui Samdroid Kitchen v.2 untuk multitouch (disarankan).

Untuk memulainya kita memerlukan file Frozeneclair_7.zip (Frozen Eclair versi 7) yang bisa didownload di SamdroidForum (register terlebih dahulu) atau bisa didownload di sini. Copy file Frozeneclair_7.zip di root memory card.

Seperti biasa, untuk menjalankan file Frozeneclair_7.zip kita masuk ke mode Recovery (tombol volume bawah, tombol dial, dan power ditekan bersamaan). Selanjutnya kita masuk ke Apply any zip from SD, dan pilih file Frozeneclair_7.zip yang telah kita copy tadi, tekan tombol Home untuk melanjutkan dan tunggu hingga proses update selesai. Setelah selesai, reboot system. Jika berhasil maka pada startup awal akan ada tulisan Turbo pada startup logo Samdroid.

Sampai di sini proses update Frozen Eclair sudah selesai. Untuk melihat hasilnya, kita bisa mencoba lagi menjalankan Linpack for Android, dan bandingkan hasilnya dengan tadi sebelum kita update.

Saya sendiri melakukan benchmark dan hasil yang saya peroleh adalah seperti di atas 8,984 (sebelum saya update nilai yang saya peroleh adalah 4,xxx). Dari sini dapat dilihat bahwa kecepatan Android di Samsung Galaxy Spica meningkat 2x lipat.

Efek lain dari update Frozen Eclair ini selain Android berjalan lebih cepat, adalah tingkat konsumsi baterei lebih hemat dibandingkan sebelumnya. Selain itu sistem terasa lebih stabil, karena adanya perbaikan-perbaikan dalam sistem Android sebelumnya. Berdasarkan informasi yang ada, efek samping dari Frozen Eclair ini adalah adanya beberapa aplikasi terutama game yang mungkin tidak bisa dijalankan dengan baik.

Jika kita ingin menghilangkan atau menghapus Frozen Eclair ini, kita bisa melakukan update dengan Samdroid Kitchen v.2 yang telah saya informasikan sebelumnya. Jadi jika kita mengupdate Galaxy Spica kita dengan Samdroid Kitchen v.2 tersebut, otomatis Frozen Eclair yang telah kita install akan terhapus, dan kita harus mengupdate kembali jika kita ingin menggunakannya.

Penting:

Merubah dan memodifikasi system Android beresiko merusak ponsel Galaxy Spica Anda, jangan melakukan modifikasi jika Anda ragu-ragu. Jika terjadi kesalahan dan kerusakan pada ponsel Galaxy Spica Anda, maka itu menjadi tanggung jawab sendiri.

Referensi: forum.samdroid.net (thanks to Antibyte)

Bookmark and Share

:, , , , , , ,

54 komentar:

54 Responses to “Meningkatkan Kinerja Android 2.1 Eclair pada Samsung Galaxy Spica dengan Frozen Eclair”

Pages: « 1 2 3 4 5 [6] Show All

  1. 45
    Sidiq Says:

    All…

    Bisa juga seperti ini bro…

    Extract file samdroidmod kefolder kemudian buka file system > app > launcherPro ( file tersebut di ganti dengan updatean terbaru / ganti launchernya dengan yang lain setelah itu di ZIP kembali file yang ada di dalam folder tersebut )

    Mudah2 membantu……

  2. 46
    Barubaru Says:

    mas victor,,

    cara nginstal map indonesia yg kaya zygic, dll. itu gmn ya?

    bisa dibuat tuh tutornya. biar ane ikutin.hehehehe

    thx ya..

  3. 47
    Victor Says:

    @ Barubaru,
    Aku lebih suka menggunakan Ndrive karena menurutku lebih cepat, coba nanti aku buat tutorial singkatnya.

  4. 48
    tembalangan Says:

    @victor; dari baca2 berbagai forum, katanya FE 7 ada bug di kamera, langmkah2 dari om victor sudah fix bug tersebut belum ya? masih ragu2 ni

  5. 49
    Victor Says:

    @ Tembalangan,
    Selama aku make FE 7 tidak ada masalah dengan kamera-nya. Kamera mengalami permasalahan saat dulu menggunakan kernel multi touch yang pertama, tapi jika kita menggunakan multi touch yang berasal dari SamdroidMod Kitchen v2, bug atau permasalahan pada kamera itu sudah diperbaiki.

  6. 50
    budi Says:

    Mas Victor, thanks atas tutorial nya yg sudah saya ikuti dan sukses. Untuk frozen eclair yg terbaru kalau tidak salah sudah sampai versi 9 beta ya. Kalau sudah ada yg coba tolong review nya. Thanks

  7. 51
    tone Says:

    Mas….Mau tanya kalau rooting samsung spica i5700 dari windows 7 64bit apakah bisa jalan?

  8. 52
    ankq Says:

    Halo.. bung Victor… kenapa spica saya gagal terus untuk frozen eclair (7 dan 9 beta 1).. padahal saya udah ikut petunjuknya…

    Spica saya udah di-cook pakai

    deodexed [XXJH1], Kernel [LK2.09.6, DVM ARM11 optimized

    kenapa yah….
    pesan install abort alias gagal total

  9. 53
    Patch dan kernel untuk memaksimalkan CyanogenMod 6.1.1 alpha 8.3 Galaxy Spica | Tips-Trik dan Tutorial Optimalisasi Koneksi Internet - Blogging - Komputer | Ariawijaya.com Says:

    [...] sistem CyanogenMod Galaxy Spica kita (bisa diuji dengan Linpack dan Quadrant), sejenis dengan Frozen Eclair untuk Android Éclair yang pernah saya informasikan sebelumnya. Hasil tes dengan Linpack [...]

  10. 54
    oniz Says:

    mas maap ganggu, saya ko selalu balik ke recovery ya setelah restart. padahal saya nggak pencet 3 tombol(power,angkat tlp, vol down).

    gimana cara benerinya, mohon bantuanya ya mas.

Pages: « 1 2 3 4 5 [6] Show All

Leave a Reply