- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Multi Touch pada Samsung Galaxy Spica GT i5700

Oleh | Sep. 01, 2010 | Android, Tips dan Trik Lainnya

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menginformasikan cara melakukan root Android 2.1 Eclair pada ponsel Samsung Galaxy Spica termasuk menggunakan App2SD. Dengan rooting ini kita bisa mengakses dan merubah system Android yang ada di memory internal dan menginstall aplikasi tambahan di memory card dengan App2SD.

Untuk informasi kali ini merupakan kelanjutan dari tulisan terdahulu di atas, yaitu cara memodifikasi Samsung Galaxy Spica dengan Android 2.1-nya sehingga bisa menjalankan fungsi Multi Touch. Untuk Galaxy Spica standar, kita hanya bisa mengakses menu dan aplikasi Android dengan menyentuh layar menggunakan satu sentuhan bergantian (jika kita menyentuh layar menggunakan 2 jari atau dua sentuhan, maka hanya satu titik yang berfungsi). Berbeda dengan Multi Touch, jika fitur Multi Touch aktif, maka kita bisa mengakses menggunakan 2 sentuhan bersamaan dan kedua titik yang kita sentuh akan aktif. Untuk mengujinya, kita bisa menggunakan aplikasi MultiTouch Visualizer 2 (bisa didownload melalui Market).

Untuk mengaktifkan fitur Multi Touch cukup mudah, kita bisa menggunakan SamdroidMod Kitchen v.2 yang dikembangkan oleh Leshak. Sebelum memulai pastikan dulu beberapa hal berikut ini:

  • Firmware yang digunakan setidaknya LK2.02, disarankan sudah menggunakan LK2.08 (udah di-root seperti tulisan sebelumnya di atas).
  • Backup data dan program yang ada di memory (bisa menggunakan Samdroid Tools, melalui menu Backup/Restore kemudian Backup to SD)

  • Format partisi untuk program (2-nd partition) jika kita sebelumnya telah melakukan partisi pada memory card (App2SD).
  • Proses ini beresiko merusak ponsel Galaxy Spica Anda, jika ragu maka jangan lanjutkan proses ini, dan jika terjadi kerusakan pada Galaxy Spica Anda, itu menjadi tanggung jawab sendiri.

Jika semua hal di atas sudah siap, selanjutnya kita bisa mulai menggunakan SamdroidMod Kitchen v.2, untuk bisa menggunakan kita harus melakukan register terlebih dahulu. Dalam SamdroidMod Kitchen v.2 di sini kita tinggal memilih Base packages, Kernel, dan lainnya, kemudian tinggal kita masak (Cook) dan hasilnya kita download. Selanjutnya file tersebut (SamdroidMod-(***)-update.zip). Saya sendiri sudah mencoba dan hasilnya adalah file SamdroidMod_(57399)_update.zip (file ini saya sharring di sini).

File update tersebut saya simpan di root memory card. Langkah berikutnya matikan ponsel kemudian nyalakan kembali dan masuk ke mode Recovery (menekan tombol bawah volume, tombol dial, dan tombol power secara bersamaan).

Setelah masuk system recovery, pertama adalah kita format ext2 partition (partisi untuk program), jika kita membagi partisi untuk App2SD, melalui pilihan Partition sdcard. Tekan tombol Home untuk melanjutkan proses format.

Langkah berikutnya, kita pilih Apply any zip from SD, pilih file zip yang telah kita download hasil dari SamdroidMod Kitchen v.2, kemudian klik Home untuk melanjutkan. Tunggu beberapa saat samai proses update selesai, kemudian restart ponsel dengan memilih Reboot system now.

Untuk booting pertama kali memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi jika sampai lebih dari 5 menit atau proses ribut berulang-ulang, cabut kembali dan kembali masuk ke system recover, dan bersihkan cache dengan memilih Wipe, choose what kemudian pilih Wipe data/cache, baru kemudian coba reboot kembali.

Sampai di sini proses aktivasi Multi Touch sudah selesai, jangan lupa untuk merestore kembali menggunakan Samdroid Tools, hanya saja sekarang kita pilih Restore from SD.

Untuk mencoba Multi Touch kita dapat mendownload aplikasi MultiTouch Visualizer di Market. Sentuh layar menggunakan secara bersamaan, maka akan muncul 2 titik dengan angka 1 menunjukan titik pertama yang disentuh dan angka 2 untuk titik kedua, kita bisa menggeser kedua titik tersebut menggunakan dua jari bersamaan.

Selain Multi Touch, file update yang saya download juga berisi aplikasi tambahan lainnya, seperti Gallery, Cools, Navigation, Places, Superuser v2.3.1, dan keyboard gaya HTC. Jika kita menginginkan fitur lain, kita bisa memilihnya pada SamdroidMod Kitchen v.2.

Demikian temen-temen, cara mudah memfungsikan fitur Multi Touch pada Samsung Galaxy Spica dengan OS Android 2.1 rooted.

Referensi: Forum.Samdroid.net (thanks to Leshak, Admin Samdroid.net)

Bookmark and Share

:, , , , ,

83 komentar:

83 Responses to “Multi Touch pada Samsung Galaxy Spica GT i5700”

Pages: « 1 2 3 4 5 6 7 8 [9] Show All

  1. 74
    ahu79 Says:

    Mas. sy udah berhasil download & update. makasih banyak ya….tampilannya bagus sekali.
    nanya lagi mas…..
    1. setelah diupdate pake multi touch dan frozeinclair, konsumsi batre jadi boros ya mas?ada ga cara supaya ga jadi boros kaya seperti sebelum diroot?
    2. kalo spica sy mau dikembalikan seperti sebelum diroot, caranya gmn?
    Trims….

  2. 75
    ankq Says:

    Aloww Bung Victor thx atasan tulisan yang bermanfaat ini… Saya pingin tanya lagi soal format untuk Update Samdroid Kitchen…
    1. Kan waktu di root sebelumnya udah di format..
    Micro SD ku kan udah di format (saya pilih 1 gb untuk AppSD) dari 8 gb…. Apakah perlu di format lagi atau tidak… untuk ‘cook’ Samdroid…
    2. Apakah di SAMDROID TOOL harus di cetang “ENABLE APPS2SD”

  3. 76
    eko Says:

    linknya ga’ bisa ya gan……

  4. 77
    cipto Says:

    bos nax, knp setelah saya instal samdroid kitchen berhenti di boot animastion ga bisa star, tolong solusix kirim ke mail saya cipto_neonball@yahoo.co.id

  5. 78
    Syafaat Says:

    Bang Aria,

    Tanya untuk samdroid kitchen itu didasarkan pada apa yah, khususnya base package dan kernel.

    Thanks.

  6. 79
    Aji Says:

    Mas Aria,

    untuk fitur multitouch apakah lancar di spica? dan tidak membuat berat system di spica?

    Thanks

  7. 80
    zafath Says:

    Terimakasih banayak nih mas Victor atas info2 nya,,

    saya sangat terbantu, kemaren dah ngeroot pake cara di tulisan mas victor, walau dengan susah payah terus mencoba, ( karena odin agak manja) akhirnya bisa juga (thx juga buat komen2 temen2 yang sangat membantu )

    Smoga terus bisa sharing pengetahuannya di dunia samsung android ya,,

    Thx so much

  8. 81
    Kris Says:

    mas apakah spica bisa dipakai sebagai modem eksternal? mohon pencerahan… thanks

  9. 82
    theo Says:

    gan, bisa minta link tuk download racikan ny ngga?link yg di atas suka eror pass di download…

  10. 83
    Fery Says:

    trims tipsnya mas, tapi ga dikasik tau untuk yang sudah punya App2SD supaya dicopy dulu semua aplikasinya, pas saya format ternyata aplikasi installan saya ilang semua, terpaksa deh install ulang satu-satu. lumayan buat belajar :)

Pages: « 1 2 3 4 5 6 7 8 [9] Show All

Leave a Reply