- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Tes Koneksi Internet dengan Dan Elwell’s Broadband Speed Test

Oleh | May. 21, 2010 | Internet, Tips Trik Koneksi Internet

Seberapa cepat kita membuka sebuah halaman web salah satunya juga dipengaruhi oleh posisi server dimana website tersebut berada (dihosting). Jika lokasi kita di Indonesia dan kita membuka website yang dihosting di Indonesia mestinya lebih cepat dibandingkan jika kita membuka website yang dihosting di luar negeri, dan makin jauh dari posisi kita akan lebih lama, dengan anggapan kemampuan masing-masing server penyedia layanan hosting sama.

Tapi tidak jarang, website yang berada di luar negeri bisa lebih cepat diakses dibandingkan website yang ada di dalam negeri, karena bisa jadi server yang berada di luar tersebut mempunyai kemampuan lebih baik dibanding server dalam negeri (seperti misalnya kapasitas bandwidth yang disediakan oleh server yang bersangkutan). Jadi, lamanya waktu yang dibutuhkan membuka sebuah halaman website tidak hanya dipengaruhi oleh koneksi internet kita yang kita gunakan, tetapi juga dipengaruhi kemampuan dari server tempat hosting website bersangkutan atau konten dari website yang memang banyak dan berat (jumlah gambar dan animasi).

Bagaimana kemampuan koneksi internet kita dalam kaitannya mengakses server-server yang berada di luar negeri tersebut dapat kita uji menggunakan Dan Elwell’s Broadband Speed Test.

Dan Elwell’s Broadband Speed Test ini sendiri menjalankan tes koneksi internet dengan melakukan ping ke beberapa server standar yang ada di luar negeri (Eropa, US, Australia, Asia), dan melakukan pengujian kemampuan download dan upload dari koneksi internet yang kita gunakan ke beberapa server tersebut. Dan Elwell’s Broadband Speed Test terbagi menjadi 2 versi, yaitu versi gratisan yang dibatasi penggunaan fitur tes-nya (tes upload) dengan waktu penggunaan yang tidak terbatas dan versi kedua adalah versi berbayar yang bisa kita gunakan seluruh fitur yang dimiliki.

Karena kita melakukan tes koneksi berkaitan posisi server, maka saat pertama kita menjalankan aplikasi ini kita diminta untuk mengisi data posisi kita.

Langkah berikutnya kita menentukan jenis tes yang ingin kita lakukan. Ada dua jenis tes yang bisa kita pilih yaitu Run a quick Speed Test dan Run a full, exhaustive Speed Test. Run your past results sendiri berisi data hasil tes yang kita lakukan sebelumnya.

Selanjutnya Dan Elwell’s Broadband Speed Test akan melakukan tes sesuai jenis tes yang telah kita pilih.

Hasil tes yang diberikan dibagi menjadi 2 bagian dari masing-masing lokasi server, yaitu hasil ideal dan hasil riil. Dari hasil tes yang saya lakukan dapat dilihat, hasil ideal digambarkan dengan warna biru, dan hasil riil digambarkan dengan warna merah (karena memang koneksi yang saya gunakan jauh dari ideal).

Untuk koneksi yang tidak berhasil (bisa disebabkan karena koneksi internet kita tidak bisa menjangkau server yang bersangkutan atau kesalahan lain) digambarkan dengan warna abu-abu.

Dari hasil tes ini, kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana kemampuan koneksi internet kita saat digunakan untuk mengakses website yang memiliki server di luar negeri, apakah sesuai dengan standar ideal, di atas rata-rata,  di bawah rata-rata, atau bahkan tidak berhasil sama sekali.

Oke temen-temen itu tadi informasi seputar tes koneksi internet kita, untuk selanjutnya jika temen-temen ingin mencobanya bisa mendownload Dan Elwell’s Broadband Speed Test di Freeware, Software Download, dan di sini.

Bookmark and Share

:, , , , , ,

Belum ada komentar...

Leave a Reply