- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

FreeMeter: Memonitor Bandwidth dan Kualitas Koneksi dalam Satu Aplikasi

Oleh | Dec. 03, 2009 | Internet, Software, Software PC, Tips Trik Koneksi Internet

Dalam tulisan-tulisan sebelumnya, software untuk memonitor bandwidth dan melihat kualitas koneksi internet melalui pingtest adalah software yang terpisah. Misalnya untuk memonitor bandwidth menggunakan Bandwidth Monitor, Rokario, BitMeter II, Networx, BWMeter, dan Bandwidth Meter and Diagnostics, sedangkan untuk melihat kualitas koneksi internet menggunakan Pingo, Desktop Pinger, Pingtest.net, atau di ‘Ping’ manual.

Informasi software kali ini adalah tentang FreeMeter, sebuah aplikasi yang bisa melakukan monitor bandwidth sekaligus melihat kualitas koneksi melalui ping, masih ditambah pula kemampuan untuk melakukan trace route. FreeMeter ini sendiri dikembangkan oleh Mieszko Lassota (Polandia) dan bisa digunakan secara gratis. Aplikasi FreeMeter bisa langsung digunakan tanpa harus diinstall dulu (portable), jadi bisa disimpan dan dijalankan dari flashdisk.

Setelah kita jalankan aplikasi FreeMeter (FreeMeter.exe) ini, otomatis akan muncul ikon FreeMeter di system tray komputer kita (pojok kanan bawah).

Sama seperti software Bandwidth Monitor, Rokario, BitMeter II, Networx, BWMeter, dengan FreeMeter ini kita bisa melihat bandwidth koneksi, yaitu dengan mengklik kiri tombol mouse pada ikon FreeMeter pada system tray, atau klik kanan (tombol mouse untuk membuka menu FreeMeter dan pilih Show Main Windows.

Pada panel utama akan terlihat traffic bandwidth yang sedang berjalan, dan keterangan pada bagian bawah yang berisi kecepatan download (tanda panah hijau) dan upload (tanda panah merah).

Untuk kustomisasi tampilan kita bisa masuk ke menu FreeMeter dan merubahnya pada bagian Display Averages sampai dengan Interface.

Fungsi tambahan dari aplikasi ini adalah fungsi notifikasi email, dengan mengaktifkan fungsi ini, maka kita akan mendapatkan notifikasi saat kita mendapatkan email baru. Untuk mengaktifkan fitur ini kita masu ke menu Tools kemudian pilih Email Notify Enabled. Selanjutnya kita masuk ke menu Email Server Settings, dan masukkan parameter email kita (mendukung POP3)

Tapi, saya sarankan untuk tidak menggunakan fitur ini, mengingat tidak ada jaminan apakah email kita akan aman dan tidak akan disalahgunakan (untuk menjaga kerahasiaan dan privasi).

Masuk pada fungsi berikutnya yaitu fungsi melihat (memonitor) kualitas koneksi. Kualitas koneksi disini dicek dengan melakukan ping sama seperti Pingo, Desktop Pinger, Pingtest.net, atau di ‘Ping’ manual. Untuk melakukan proses ping kita masuk ke menu Tools dan Ping Utility.

Pada fungsi Ping Utility ini kita cukup memasukan alamat url website tertentu kemudian klik Start, otomatis komputer kita akan melakukan ping server dari alamat url yang kita tuliskan, jika koneksi berjalan baik seharusnya tidak ada RTO (request time out), sebaliknya muncul RTO berarti ada permasalahan baik dari sisi koneksi kita atau pada server tujuan.

Untuk fungsi Trace Route sendiri berfungsi untuk mengetahui alamat IP (IP address) dari web tertentu, sebagai contoh di sini saya melakukan trace route alamat ariawijaya.com, dari sini diketahui IP address dari ariawijaya.com (202.59.206.40), sedangkan IP 192.168.0.1 sendiri adalah IP komputer (IP Router jika kita dalam sebuah jaringan) yang sedang saya gunakan.

Fungsi lainnya dari FreeMeter ini adalah fungsi Log (catatan/riwayat). Dari fungsi ini kita bisa melihat berapa total penggunaan bandwidth (download dan upload).

Selain itu dari fitur Log ini kita juga bisa membuat batasan tertentu (Limit) dari penggunaan bandwidth, baik itu batasan download dan upload baik secara umum atau hanya pada jam-jam tertentu (ini bermanfaat untuk mengontrol penggunaan pulsa kita).

Nah, itu tadi temen-temen informasi lain yang berkaitan dengan koneksi internet, untuk informasi lebih lanjut dan mendownload software FreeMeter ini, silakan lihat di Software Download, Freeware, dan di sini. Semoga bermanfaat.

Bookmark and Share

:, , , , , , , ,

5 komentar:

5 Responses to “FreeMeter: Memonitor Bandwidth dan Kualitas Koneksi dalam Satu Aplikasi”

  1. 1
    Melihat Kecepatan Koneksi Internet dengan NetStat Live | Trik Koneksi Internet dan Blogging | Ariawijaya.com Says:

    [...] pernah saya informasikan software untuk melihat kecepatan koneksi internet seperti FreeMeter, Bandwidth Monitor, Rokario, atau aplikasi lain dalam tulisan tentang cara  memonitor bandwidth. [...]

  2. 2
    Memonitor Kecepatan Internet dengan NetGraph2 | Trik Koneksi Internet dan Blogging | Ariawijaya.com Says:

    [...] ini kita bisa mengetahui kecepatan download dan upload secara realtime, sama seperti NetStat Live, FreeMeter, Rokario, BitMeter II, Networx, dan BWMeter yang pernah saya informasikan [...]

  3. 3
    Memonitor Kecepatan Download dan Upload dengan Download Meter | Tips-Trik dan Tutorial Koneksi Internet - Blogging - Software | Ariawijaya.com Says:

    [...] yang pernah saya tulis. Antara lain seperti dengan menggunakan software NetGraph2, Netstat Live, FreeMeter, Rokario, Bitmeter II, Networx, dan BWMeter. Semua software tersebut adalah software gratis atau [...]

  4. 4
    Melihat Kecepatan Download dan Upload dengan NetMeter 1.1.4 Beta | Tips-Trik dan Tutorial Koneksi Internet - Blogging - Software | Ariawijaya.com Says:

    [...] baik itu upload dan download, sejenis dengan software Download Meter, NetGraph 2, NetStat Live, FreeMeter, dan software bandwidth monitor [...]

  5. 5
    Beberapa Cara untuk Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet | Tips-Trik dan Tutorial Optimalisasi Koneksi Internet - Blogging - Komputer | Ariawijaya.com Says:

    [...] FreeMeter. [...]

Leave a Reply