- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Nge-Ping Lebih Mudah dengan Desktop Pinger

Oleh | Oct. 24, 2009 | Internet, Software, Software PC, Tips Trik Koneksi Internet

Ngomong-ngomong soal Ping, pada tulisan terdahulu saya pernah menulis tentang salah satu manfaat dari nge-Ping tersebut, juga tentang Pingtest.net dan NetCheck yang menguji kualitas koneksi internet kita. Untuk melengkapi informasi seputar ping ini, berikut ada software lain yang bisa kita gunakan untuk melakukan ping ke webserver tertentu (terutama buat yang seneng main game online, software ini bisa cukup membantu).

Software tersebut adalah Desktop Pinger, fungsi dasar dari software ini sendiri adalah melakukan ping ke server tertentu sesuai keinginan kita. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, karena tidak perlu diinstall (bisa langsung dijalankan/portabel) dan tidak perlu melakukan banyak seting.

Berikut informasi singkat tentang penggunaan Desktop Pinger. Kita cukup memasukkan alamat url dari webserver yang ingin kita ping dan tekan Enter (atau tekan ikon lonceng) untuk memulai proses ping. Jika ping berjalan lancar alias tidak ada permasalahan baik pada koneksi kita atau pada server yang dituju, maka akan muncul Reply dari server yang bersangkutan berikut alamat IP dari server tersebut (berwarna hijau). Sebaliknya jika ada permasalahan baik pada koneksi internet kita atau pada server, maka yang muncul adalah name not found (warna merah) atau bisa juga kita akan dilarikan ke alamat IP OpenDNS (jika kita menggunakan IP DNS 208.67.222.222 dan 208.67.220.220).

Ping berhasil

Ping berhasil

Ping gagal

Untuk membantu memudahkan kita dalam melakukan ping dengan Desktop Pinger, kita bisa menyimpan alamat-alamat IP dari server yang biasa kita ping, dengan menekan ikon catatan yang ada di samping ikon lonceng. Untuk menambahkan baris baru pada kolom daftar alamat IP kita tekan tombol panah ke bawah di keyboard, selanjutnya isi alamat IP dan nama dari servernya.

Alamat IP yang kita isikan tersebut otomatis akan tersimpan (setelah kita menutup Desktop Pinger), dan Desktop Pinger akan membuat file baru (deskping.txt) pada folder yang sama dimana kita menyimpan file Desktop Pinger.

File deskping.txt ini sendiri berisi list IP dari server dan nama server, dari file ini pun kita bisa menambahkan IP lain dengan format penulisan yang sama dan otomatis saat kita membuka Desktop Pinger, alamat yang kita tambahkan dalam deskping.txt tadi akan terbaca oleh Desktop Pinger.

Untuk informasi lebih lanjut dan mendownload Desktop Ping ini bisa dilihat di Software Download. Demikian informasi singkat tentang Desktop Ping ini, semoga bermanfaat.

Bookmark and Share

:, , , , ,

5 komentar:

5 Responses to “Nge-Ping Lebih Mudah dengan Desktop Pinger”

  1. 1
    sudirman Says:

    mas..saya sudah test dgn pingtest hasilnya clasifikasi B,terus ditest juga pake speedtest.net hasilnya bagus (download file 5mb hanya 56 sec),tapi pada saat saya coba mendownload file ukuran 5 mb..hanya bisa max 2 kb/detik..apa masalahnya ya mas…Tolooooooong dong.

  2. 2
    Victor Says:

    @ Sudirman,
    Downloadnya dari server apa ya? Kalo dari server file sharring seperti misalnya rapidshare, hotfiles, ziddu, dan lainnya memang kecepatan downloadnya akan dibatasi, kecuali kita membayar untuk mendapatkan akses khusus. Tapi kalo dilihat kecepatannya segitu aneh juga, karena terlalu rendah. Itu waktu melakukan pengujian kecepatan dan mendownload dalam waktu yang sama gak, karena ada kemungkinan jika waktunya berbeda, maka pas melakukan download, kondisi jaringan yang digunakan sedang turun (drop).

  3. 3
    Tes Koneksi Internet dengan WinPing | Trik Koneksi Internet dan Blogging | Ariawijaya.com Says:

    [...] dengan software tes koneksi yang pernah saya informasikan sebelumnya, seperti misalnya Pingo, Desktop Pinger, dan aplikasi [...]

  4. 4
    Menguji Kualitas Koneksi Internet dengan Pingo | Tips-Trik dan Tutorial Koneksi Internet - Blogging - Software | Ariawijaya.com Says:

    [...] kerja dari Pingo ini adalah dengan melakukan Ping, hampir sama dengan cara kerja software NetCheck, Desktop Pinger, atau nge-Ping cara manual yang pernah saya tulis di trik koneksi [...]

  5. 5
    FreeMeter: Memonitor Bandwidth dan Kualitas Koneksi dalam Satu Aplikasi | Tips-Trik dan Tutorial Optimalisasi Koneksi Internet - Blogging - Komputer | Ariawijaya.com Says:

    [...] kualitas koneksi. Kualitas koneksi disini dicek dengan melakukan ping sama seperti Pingo, Desktop Pinger, Pingtest.net, atau di ‘Ping’ manual. Untuk melakukan proses ping kita masuk ke menu [...]

Leave a Reply