- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Koneksi Internet Kurang Stabil? Di ‘Ping’ aja

Oleh | Sep. 22, 2009 | Internet, Tips Trik Koneksi Internet

Buat temen-temen yang menggunakan koneksi internet dengan modem ponsel, modem usb, atau modem lainnya pasti tidak jarang mengalami koneksi yang ‘mandeg’ atau idle (koneksi masih nyambung tapi saat mau browsing tidak ada respon dari web yang dituju), apalagi kalo kita tidak melakukan aktivitas apapun dalam beberapa waktu tertentu.

Jika sudah seperti ini, solusi paling mudah adalah mematikan koneksi (disconnect) dan melakukan koneksi ulang (redial), baru kita bisa lancar lagi browsingnya, tapi tentunya ini tidak efektif, karena kita bakal sering melakukan redial jika kita berhadapan dengan koneksi yang tidak stabil atau kita sering membiarkan koneksi internet berjalan tanpa melakukan aktivitas apapun (biasanya ditandai dengan ikon koneksi jaringan di system tray yang tidak aktif kedua-duanya atau hanya aktif salah satu saja).

Berikut ada sebuah trik internet sederhana yang bisa membantu menyelesaikan atau minimal mengurangi permasalahan tersebut di atas. Trik yang saya maksud di sini adalah kita melakukan Ping ke server tertentu sehingga koneksi tetap berjalan walaupun kita tidak melakukan aktivitas internet (download atau upload) apapun.

Ping sendiri adalah singkatan dari Packet Internet Groper, yang merupakan aplikasi untuk menguji konektivitas pada sebuah jaringan dengan cara mengirimkan paket data ke server yang dituju, dari data yang dikirimkan tersebut dilihat berapa paket yang dikirimkan kembali sebagai respons dari server yang dituju, berapa paket yang hilang (lost). Semakin kecil data lost berarti koneksi semakin baik.

Fungsi Ping ini, selain untuk menguji konektivitas, juga bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan koneksi internet bisa berjalan lebih stabil. Mengingat cara kerja Ping yang mengirimkan data dan menunggu data kembali ini menjadikan proses koneksi internet tetap berjalan meskipun kita sendiri tidak melakukan  aktivitas apapun (bisa dilihat perbandingannya pada ikon koneksi jaringan di system tray yang terus aktif).

Untuk menjalankan fungsi Ping ini sebenarnya cukup mudah, kita bisa melakukan dengan membuka Command prompt melalui Start kemudian pilih Run. Ketikkan cmd kemudian pilih Ok.

Selanjutnya pada panel Command prompt kita ketikkan perintah ping, yaitu:

ping www.nama web.com (data akan dikirimkan 3 kali saja, setelah itu muncul hasil tes)

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa paket data yang dikirimkan (Sent) 3, dan kembali (Received) 2, berarti ada data hilang (Lost) 3.

Tetapi jika kita ingin melakukan tes terus menerus, maka perintah ping-nya ditambah –t:

ping www.nama web.com –t

Nama web disini sebenarnya bebas bisa alamat web apa saja, tapi disarankan untuk memilih web yang mempunyai server stabil (sebagai contoh yahoo), atau bisa juga server lain yang kebetulan sedang kita akses (sebagai contoh kita sedang membuka Facebook, maka yang kita ping adalah www.facebook.com –t).

Untuk mengakhiri perintah ping ini kita bisa menekan CTRL + C (tekan tombol Ctrl dan huruf C)

Seperti telah saya sampaikan di atas, kita bisa melihat perbandingan antara kita melakukan Ping atau tidak pada ikon koneksi yang ada di System tray (pojok kanan bawah monitor), jika kita lakukan Ping maka kedua gambar ikon komputer tersebut akan terus menyala, sebaliknya jika kita tidak melakukan Ping, maka gambar ikon komputer tersebut akan mati keduanya atau hanya menyala salah satu bergantian.

Dengan melakukan Ping ini, diharapkan koneksi internet kita bisa berjalan relatif lebih stabil dibandingkan sebelumnya. Fungsi Ping ini juga diterapkan pada software Internet Speed Booster.

Demikian informasi singkat ini semoga bermanfaat.

Bookmark and Share

:, , , , , ,

20 komentar:

20 Responses to “Koneksi Internet Kurang Stabil? Di ‘Ping’ aja”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 11
    Victor Says:

    @ Hady,
    Cara paling mudah adalah dengan menggunakan autodetect WIFI melalui software bawaan dari laptopnya, biasanya jika ada jaringan Hotspot kita tinggal mengkoneksikan dengan menekan tombol Connect. Cuman permasalahannya Hotspot yang ada tersebut dibuka bebas, dibuka dengan IP address tertentu, atau menggunakan password (ini tergantung pengelola hotspot yang ada), kalo di mall atau pertokoan yang menyediakan hotspot biasanya menggunakan username dan password tertentu yang bisa diperoleh lewat Information Center di mall atau toko tersebut (termasuk juga di cafe).
    Untuk lebih mudahnya lebih baik menanyakan ke Information Center dari tempat yang berhotspot tersebut. Hotspot di kampus pun biasanya sama, tapi lebih banyak yang diopen kalo dikampus-kampus.

    @ Rositiawan,
    Sama-sama, seneng juga kalo tulisan di blog ini bisa bermanfaat buat yang lainnya.

  2. 12
    maulana Says:

    dear brur,

    saya sudah mencoba ping cara manual maupun dengan program yg anda berikan. tetapi selalu gagal dengan pesan request time out, saya bingung kenapa bisa terjadi.

    mohon di bantu cara mengatasinya.

    terima kasih,
    mauher_03@yahoo.com

  3. 13
    Nge-Ping Lebih Mudah dengan Desktop Pinger | Ariawijaya.com | All about internet connection and blogging Says:

    [...] soal Ping, pada tulisan terdahulu saya pernah menulis tentang salah satu manfaat dari nge-Ping tersebut, juga tentang Pingtest.net dan NetCheck yang menguji kualitas koneksi internet kita. Untuk [...]

  4. 14
    Cek Koneksi Internet dengan NetCheck | Trik Koneksi Internet dan Blogging | Ariawijaya.com Says:

    [...] Dengan cara di atas (mencoba membuka alamat  website lain) kita bisa menemukan masalahnya, hanya saja terlalu lama. Berikut ada sebuah software sederhana yang bisa membantu kita untuk melakukan cek koneksi internet yang kita pergunakan. Software tersebut adalah NetCheck, software gratis ini dibuat oleh DiamondCS. Fungsi dasar dari software ini adalah melakukan cek terhadap koneksi internet kita dengan menguji DNS (Domain Name System) website tertentu dan TCP (Transmission Control Protocol) di sistem komputer kita, prinsip kerja software ini hampir sama dengan Ping. [...]

  5. 15
    Koneksi Internet Kurang Stabil? Di ‘Ping’ aja » Reviews and Tutorials Says:

    [...] silahkan cek di sini Tags: di ping saja, jadi normal, koneksi, koneksi internet lemah Topik: internet, networking, [...]

  6. 16
    nashua100 Says:

    Nice post……
    numpang nanya ya mas…inet saya memakai fastnet 768 memakai router linksys untuk share 4 pc, ke 4 pc saya gunakan untuk bermain game online nonstop 7 hari seminggu.belakangan ini saya suka mengalami disconect,dan apabila sedang mengalami disconect bisa sampai 2-3jam padahal semua sinyal jaringan dan ping nya pun dalam keadaan baik( ping di bawah 50ms).oh ya saya juga memakai program otomatisasi dalam bermain game dan memakai 95 dari resource prosesor,85 persen dari ram saya(2gb x 2 pcs) dan memakai os xp sp2..
    Apakah beban dari ram dan prosesor bisa mempengaruhi sistim jaringan saya sehingga mjd dc..kalau tidak kira2 penyebabnya apa yah..mohon untuk bantuanyya yah..txs

  7. 17
    auto blog car Says:

    thanks sangat membantu

  8. 18
    bayu Says:

    mantap gan infonya.. terima kasih..

  9. 19
    Menguji Kualitas Koneksi Internet dengan Pingo | Tips-Trik dan Tutorial Optimalisasi Koneksi Internet - Blogging - Komputer | Ariawijaya.com Says:

    [...] adalah dengan melakukan Ping, hampir sama dengan cara kerja software NetCheck, Desktop Pinger, atau nge-Ping cara manual yang pernah saya tulis di trik koneksi [...]

  10. 20
    Pandi Says:

    emang kalo di ping bisa bikin koneksi jadi stabil. Tapi untuk internet dengan kecepatan rendah akan terasa mempengaruhi contohnya Fle**Net unlimited…

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply