- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Koneksi Internet Menggunakan Kartu CDMA Flexi

Oleh | May. 15, 2008 | Internet, Tutorial Koneksi Internet

Pada posting-posting sebelumnya saya pernah membicarakan koneksi internet dengan kartu CDMA Starone, sekarang saya akan mencoba membuat tutorial sederhana lain tentang koneksi internet. Untuk koneksi internet di sini saya menggunakan kartu Flexi dari Telkom sebagai medianya.

Secara prinsip sebenarnya koneksi internet menggunakan ponsel sebagai modem adalah sama, perbedaan hanya pada parameter-parameter tertentu yang menyesuaikan dengan operator yang bersangkutan. Jadi di sini saya tidak akan membuat tutorial yang panjang, tapi saya sederhanakan lagi terfokus pada parameter yang berbeda tersebut.

Sebagai sarana tutorial di sini seperti biasa saya menggunakan ponsel CDMA Nokia 2865 dan bluetooth sebagai penghubung ponsel dengan laptop Axioo Pentium M dengan sistim operasi Windows XP Professional SP2.

Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan instalasi atau setting modem (jika modem ponsel telah terinstall di PC/laptop). Untuk proses instalasi modem CDMA itu sendiri dapat dibaca pada artikel langkah-langkah install modem CDMA. Jika modem telah terinstall di PC/laptop, maka kita akan melakukan setting modem itu sendiri (bisa dilihat pada tulisan tentang internet dengan Starone pada Langkah 03), setelah modem yang kita pakai kita pilih kemudian masuk pada ‘Advanced’, kemudian pada ‘Extra Setting’ kita masukan paramater ini ‘AT+CRM=1’ (tanpa tanda petik). Selanjutnya masuk pada tab ‘Diagnostics’ dan lakukan query modem, jika berjalan lancar kemudian masuk pada tab ‘Modem’ pilih ‘Maximum Port Speed’ dengan nilai 115200.

Langkah kedua, membuat koneksi baru dengan parameter dari Flexi.

Buat koneksi baru melalui Network Connection, untuk ‘Network Connection Type’, pilih ‘Connect to the Internet’ klik ‘Next’, kemudian pilih ‘Set up my connection manually’ klik ‘Next’, dilanjutkan dengan memilih ‘Connect using a dial-up modem’ klik ‘Next’, untuk modem kita pilih modem yang sebelumnya telah kita setting pada langkah pertama di atas lalu klik ‘Next’.

Pada bagian ISP Name, isikan sesuai dengan keinginan (contoh: Flexi) klik ‘Next’

Phone number diisi dengan #777, klik ‘Next’

Username diisi dengan ‘telkomnet@flexi’ (tanpa tanda petik), password diisi dengan ‘telkom’ (tanpa tanda petik), ulang lagi password pada ‘Confirm password’. Klik ‘Next’, kemudian ‘Finish’

Catatan tambahan : untuk username ‘telkomnet@flexi’ (tanpa tanda petik) tersebut mengindikasikan kita menggunakan layanan internet dengan model Volume Based (perhitungan berdasarkan data yang yang kita download dan upload selama proses koneksi internet). Sedangkan untuk Time Based (perhitungan berdasarkan waktu, terlepas dari besaran data download dan upload) username yang dipergunakan adalah ‘telkomnet@flexi-time’ (tanpa tanda petik), untuk password yang dipergunakan sama yaitu telkom’ (tanpa tanda petik).

Tahap terakhir adalah melakukan Dial-up. Sebelum melakukan ‘Dial’ terlebih dahulu masuk pada ‘Properties’, masuk pada tab ‘Networking’, pilih ‘Internet Protocol (TCP/IP)’.

Kemudian klik ‘Properties’. Isi ‘Preferred DNS servers (sebelumnya pilih ‘Use the following DNS server addresses’) dengan 202.134.0.155, kemudian klik ‘Ok’.

Sekarang kita bisa melakukan ‘Dial’. Selesai

Nah, cukup mudah kan caranya. Selamat mencoba, semoga berhasil. Silakan berikan komentar Anda jika ada permasalahan atau pertanyaan, semoga bisa kita cari bersama jawabannya.

Untuk mendownload driver modem Nokia CDMA dapat dilihat di driver modem Nokia CDMA 1 dan dirver modem NOkia CDMA 2.

Jika ingin tau cara koneksi dengan kartu CDMA Fren bisa dibaca koneksi internet dengan Fren.

Ingin tau cara koneksi dengan kartu GSM Indosat M3, bisa baca koneksi internet dengan IM3, dan driver modem Nokia GSM dapat didownload di driver modem Nokia GSM.

Bookmark and Share

:, , , , , , , , ,

163 komentar:

163 Responses to “Koneksi Internet Menggunakan Kartu CDMA Flexi”

Pages: « 1 … 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 [17] Show All

  1. 154
    Victor Says:

    @ Fanny,
    Punya temennya itu modemnya sama gak?
    Kalo sama ada kemungkinan juga permasalahan pada modemnya, tapi kalo modemnya beda ya permasalahan ada pada flexinya itu sendiri.
    Coba lakukan ping ke server yahoo atau google untuk melihat apakah banyakan RTO-nya atau tidak.
    Kalo yang bermasalah dari sisi Telkom, tidak banyak yang bisa kita lakukan kecuali berharap semoga koneksinya segera normal kembali.

  2. 155
    phanca Says:

    mas..

    punya saya kok koneksinya lambat yah ?
    ada permasalahan

  3. 156
    yOgA Says:

    gan klau windows 7 gmn crax…..?????tlong lz gan

  4. 157
    Allone Says:

    mas modem gue kan telkomsel CDMA n GSM gimana ya klu pake kartu flexi n cara registrasi kartu flexinya di modem gimana ya….gue tunggu di email gue ya mas…..

    Thanks ………………

  5. 158
    andy Says:

    untuk mas hendra komputer sebenarnya gak perlu restart untuk konec kembali itu di karenakan Firewall anda mati jadi saran saya di hidupkan saja firewall nya..

  6. 159
    very Says:

    saya punya modem cdma merek weavecom awalnya untuk sms gatway, tapi ingin digunakan untuk internet, gimana seting modemnya supaya bisa digunakan untuk intenetan
    salam
    terimakasih

  7. 160
    Mediasiana Says:

    wah sekarang pake kartu cdma agak parah sering putus2 kanapa ya ?

  8. 161
    tri Says:

    saya pake hape cdma ivio c500 sebagai modem, dan setting sudah cocok. tapi pas dial up,bisa putus sendiri tanpa konfirmasi apapun ya..?

  9. 162
    Robuster Says:

    sama seperti sdr. tri, kenapa sering putus tanpa sebab, apakah memang koneksi cdma itu demikian mas ? mkasih

  10. 163
    Tivisiana Says:

    skarang yang bagus untuk koneksi pake kartu apa ya agar saat browsing tidak terputus putus

Pages: « 1 … 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 [17] Show All

Leave a Reply