- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Traffic Compressor

Oleh | Apr. 23, 2008 | Internet, Software, Software PC, Tips Trik Koneksi Internet

Satu lagi cara untuk menekan pengeluaran pulsa saat kita melakukan browsing internet dengan media koneksi ponsel GSM atau CDMA (misalnya dengan Starone atau Fren)dengan basis Volume Base. Seperti diketahui model Volume Base adalah penghitungan pulsa berdasarkan besaran data yang ditransfer baik pada saat kita membuka suatu halaman web, mendownload data, upload data (proses upload & download), ini tentu saja termasuk saat kita mengirimkan dan menerima email. Untuk cara mengontrol penggunaan pulsa saat kita melakukan akses internet bisa baca tulisan tentang NetCost.

Karena menggunakan model Volume Base berarti kita harus menekan sekecil mungkin data yang kita upload atau download. Nah, salah satu aplikasi yang bisa membantu menekan besaran data adalah TrafficCompressor. Traffic Compressor mampu menekan volume data antara 25% sampai dengan 80% data yang kita transfer.

Tapi tentu saja tidak semua data mampu dikompres dengan TrafficCompressor. Untuk lebih detil data yang bisa dikompres adalah :

  • Halaman web : script (JavaScript/VBScript, CSS (Cascading Style Sheet), dan teks lainnya.
  • Email : semua jenis email yang diterima dengan POP3 atau IMAP4 baik dengan atau tanpa attachments. Attachment dengan kompresi (ZIP, MP3, EXE. JPEG, GIF, dan file sejenisnya) dapat ditekan hinggal sekitar 25-30%.
  • Traffic Instant Messenger : ICQ, MSN, AIM, YM, Jabber, Gadu-Gadu.
  • Traffic Usenet (Berita).
  • Traffic IRC (hanya untuk port 6667-6670)
  • Traffic Games Online (MMORPG’s?MPOG’s) melalui port standar.

Sedangkan data yang tidak bisa dikompres adalah :

  • Halaman web : foto, flash, ActiveX, Java applets, ZIP, MP3, EXE, dan data downloads lainnya, untuk halaman web itu sendiri telah mengalami kompresi dengan gzip.
  • Traffic lain seperti FTP, HTTPS, SMTP, UDP, dan traffic sejenis.
  • IRC yang menggunakan port selain 6667-6670.
  • Games Online yang tidak menggunakan port standar.
  • Streaming video dan audio.
  • Voice chat dengan menggunakan messenger.

Adapun proses penggunaanya adalah sebagai berikut, pertama kita mendownload aplikasi TrafficCompressor di http://www.tcompressor.com/, atau bisa didownload di Software Download.

Setelah mendownload, silakan mendaftarkan diri di http://www.tcompressor.com/ atau klik di sini untuk mendapatkan username dan password. Isi form dengan nama dan alamat email, alamat email ini nantinya yang akan dikirimi username beserta password untuk menjalankan aplikasi TrafficCompressor.

Install aplikasi yang telah didownload tadi, setelah terinstall, restart PC atau laptop.

Setelah terinstall, jalankan TrafficCompressor (iconnya akan muncul di system tray), di sini kita akan diminta memasukan username dan password (masukan dengan password yang kita terima dari email di atas). Setelah berhasil masuk maka TrafficCompressor akan minta untuk bisa terhubung dengan server mereka.

Setelah terhubung, maka TrafficCompressor otomatis akan langsung berjalan, dan kita bisa melakukan browsing seperti biasa. Untuk melakukan seting pada aplikasi ini kita bisa memilih menu preferences (klik kanan pada icon TrafficCompressor di System Tray).

Untuk melihat hasil kompresi kita bisa memilih Compression Statistik, di sini akan terlihat besarnya kompresi data yang telah dilakukan.

Demikian tadi tutorial sederhana lainnya dalam rangka menekan atau mengefisiensikan penggunaan pulsa kita untuk menjelajah dunia maya. Selamat mencoba.

Bookmark and Share

:, , ,

1 komentar:

One Response to “Traffic Compressor”

  1. 1
    idod Says:

    saya pengunjung baru di sini… terimakasih saya merasa sangat terbantu dengan semua artikel nya…. di tunggu arikel berikut nya ya…TQ

Leave a Reply