- Tips dan trik mempercepat koneksi internet - Tips dan trik memonitor bandwidth koneksi internet - Software lain seputar koneksi internet -

Wijayakusuma

Oleh | Mar. 01, 2008 | History, Jogja

Di depan rumahku, aku punya tanaman yang menurutku cukup langka, karena jarang orang menanam tanaman ini, yaitu Wijayakusuma. Seperti apakah wijayakusuma itu dan ada apa dengan Wijayakusuma ini, akan saya coba untuk menceritakan dengan beberapa referensi yang bisa saya dapatkan.

Wijayakusuma atau juga ada yang menyebut Wijaya kusuma adalah tanaman berjenis kaktus dengan nama latin Epiphyllum anguliger. Ciri khas tanaman ini yang tidak dimiliki oleh tanaman lain adalah pada bunganya yang mekar dalam waktu yang singkat, yaitu hanya pada malam hari (puncak bunga mekar terjadi sekitar pukul 12 malam) dan mengeluarkan bau yang harum, dan setelah mekar, bunga tersebut langsung layu. Jadi jangan berharap akan dapat menyaksikan indahnya bunga Wijayakusuma di pagi hari, karena yang terlihat hanyalah bunga yang telah layu.

Hal lain yang membedakan tanaman Wijayakusuma dengan tanaman jenis kaktus ini adalah pada duri, karena tanaman Wijayakusuma ini tidak memiliki duri seperti jenis tanaman kaktus pada umumnya. Selain itu batang dari tanaman ini berasal dari daun yang telah tua (biasanya berubah warna menjadi cokelat) setelah sebelumnya pada lekukan-lekukan daun tersebut ditumbuhi dengan tunas-tunas baru yang kelak menjadi daun baru berwarna hijau dan bunga.

Bunga Wijayakusuma dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah sedang sampai tropis, tapi sebaiknya jangan diletakkan di tempat yang terlalu panas.

Wijayakusuma juga mempunyai khasiat sebagai obat luka, bagian yang digunakan untuk mengobati luka tersebut adalah bagian daun. Daun Wijayakusuma ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang luka dan ditutup dengan perban.

***

Konon dalam cerita Mahabarata, Wijayakusuma adalah nama senjata pamungkas yang dimiliki oleh Kresna yang berbentuk cakram yang dapat dikeluarkan dari dalam tangannya, dan senjata ini mampu menghidupkan orang yang telah mati.

Ada kisah lain tentang bunga Wijayakusuma ini, yaitu adanya kepercayaan bahwa Raja Mataram tidak akan diakui secara sah oleh dunia nyata dan dunia roh halus jika belum berhasil memetik bunga Widjojokoesoemo sebagai pusaka kraton, karena diyakini bahwa pohon atau tanaman yang menghasilkan bunga ini adalah jelmaan dari senjata atau pusaka dari Batara Kresna sebagai titisan dari Dewa Wisnu yang kemudian menjadi raja di Dwarawati. Pusaka itu oleh Kresna dilabuh di laut sebelum akhirnya mangkat ke Swargaloka, Nirwana.

Pusaka tersebut kemudian menjadi pohon di atas batu pulau karang di ujung timur Pulau Nusakambangan, yang secara spiritual pulau tersebut dikuasai oleh Nyai Roro Kidul. Bagi Raja Mataram tentunya tidak dapat dengan mudah mendapatkan bunga Wijayakusuma ini karena bunga yang tidak setiap saat mekar, selain itu karena pulau tersebut dikuasai oleh makhluk-makhluk halus.

Diharapkan nantinya jika Raja Mataram berhasil mendapatkan bunga tersebut diharapkan nantinya dapat mengikuti sifat-sifat dari Raja Kresna yang bijak dan adil dalam menjalankan pemerintahan.

________________________

Wijayakusuma

  • Kingdom: Plantae
  • Division: Magnoliophyta
  • Class: Magnoliopsida
  • Order: Caryophyllales
  • Family: Cactaceae
  • Subfamily: Cactoideae
  • Tribe: Hylocereeae
  • Genus: Epiphyllum
  • Species: E. Anguliger

Referensi :

  • http://iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=153
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kresna
  • http://www.squidoo.com/Epiphyllum
  • http://yulian.firdaus.or.id/2003/12/01/wijayakusuma/
Bookmark and Share

:, , , , ,

12 komentar:

12 Responses to “Wijayakusuma”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 3
    Victor Says:

    Wah asyik tuh,
    Kemaren pas malam tahun baru punyaku yang mekar ada 4 dari 9 bunga, kalo sekarang cuman satu mungkin 2 hari lagi mekar.

  2. 4
    rudi Says:

    aku punya kembang Wijaya Kusuma yang telah berusia 10 tahun tapi tidak pernah busuk tapi malah kering, mungkin disitu aku belum pernah tau tentang khsiat tentang bunga itu……

  3. 5
    Victor Says:

    Wah 10 tahun ya….
    Lama sekali nyimpannya, kalo aku sendiri paling malam mekar, paginya udah ilang diambil orang.
    Kalo khasiatnya aku sendiri tidak tau persis ya, tapi kalo aku denger sih itu bisa membawa berkah, tapi bagaimana logikanya aku juga tidak begitu paham. Coba saja di search di Forum Detik, di situ aku sempat baca ada yang pernah membahas soal tanaman ini.

  4. 6
    tito Says:

    wah…kalo bicara masalah wijaya kusuma aku jadi tertarik nie..karena ditempatku wijaya kusumanya berbuah..tapi khasiatnya buat apa yaw….kalo berbunga seh sering,cuma kalo berbuah baru kali ini….wow

  5. 7
    Victor Says:

    @ Tito
    Wah, wijayakusuma bisa berbuah ya….
    Kalo yang ini aku malah belum tau, punyaku hanya berbunga terus, belum pernah berbuah. Untuk khasiatnya saya sendiri belum tau persis nih, aku dulu pernah baca ada yang membahas masalah ini di forum Detik, tapi udah gak pernah ngikuti lagi. Coba mas Tito search di forum Detik, semoga masih kenceng pembicaraan seputar bunga wijayakusuma ini.

  6. 8
    riri Says:

    hi.. ikutan ya, aku juga punya tanaman ini di rumah, tetapi anehnya setelah aku pindah rumah eh.. malah enggak berbunga lg, padahal tempatnya sudah cukup teduh, media bunganya sudah aku ganti juga, apa ada pengaruhnya ya? kebetulan aku punya tukang taman, setelah aku konsultasi katanya memang begitu.. boleh minta sarannya? thank’s.

  7. 9
    Victor Says:

    @ Riri,
    Kalau setau saya sih Wijayakusuma adalah tanaman yang mudah tumbuh dan tidak perlu perlakukan khusus, bahkan daunnya saja, cukup ditancapkan di tanah selama tidak kekurangan air (disiram pagi sore) dia akan tumbuh. Kalau untuk masalah berbunga, memang tanaman ini tidak bisa diprediksi kapan akan berbunga, punyaku aja, pernah lama sekali hampir setahun tidak berbunga, tapi sekali berbunga bisa langsung banyak (rekor sampai 9 bunga), dan itu berlangsung selama 3 bulan berturut-turut (kalo ditotal berarti berbunga sampai hampir 25 kali, ini hanya pada satu pohon).

    Jadi kalo menurut aku, ya kita harus bersabar, karena ini bukan tanaman musiman dan mudah berbunga seperti mawar misalnya, tapi dijamin setelah berbunga dijamin, akan terus-menerus kok, cuman sayang berbunga hanya semalam.

  8. 10
    rintana Says:

    saya punya bunga wijaya kesuma, sekarang sedang mau berbunga, saya pengen tau bagaimana cara mengembang biakkan bunga tsb. siapa yang bisa bantu saya…thanks b 4

  9. 11
    beni Says:

    emang mantap tanaman yang satu ini. waktu ini saya sempat buat video wijaya kusuma mekar. video yang saya buat dari proses bunga kuncup hingga mekar sempurna. kalau mau liat videonya, maen2 aja ke sini : http://www.madebeni.com/2009/11/video-wijaya-kusuma-mekar-queen-of_30.html

    Di tunggu yang komentarnya
    Makasi….

  10. 12
    Roro Prita Rayung Wulan Says:

    saya juga punya tanaman ini di rumah. kalau bunganya sudah mekar, saya petik dan bagian tengah yang berbentuk seperti bulu2 halus saya buang karena beracun. setelah itu direndam dalam air matang dan airnya diminum. air rendaman itu dipercaya sebagai penetralisir racun dalam tubuh dan bisa membuat seseorang awet muda.

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply

generic viagra online pharmacy